Monday, August 6, 2012

Bukan Untuk Tidak


"Jangan mengkritik, mungkin Anda akan dikritik. Mengkritiklah, pasti Anda akan dikritik."
Saya tidak makan kritikan, lalu untuk apa Anda berikan itu kepada saya?
Untuk saya abaikan? Mungkin akan terlihat sebagai apresiasi yang kurang berkenan.
Saya lihat Anda punya begitu banyak kritik yang dapat Anda dermakan cuma-cuma. Sekarang saya tanya, "Apa itu kritik?"
Cara untuk menjatuhkan seseorang dengan kerasnya?
Mematahkan persepsi beserta lidah saya?
Atau membuat kaki Anda lebih tinggi daripada kepala saya?
Ah entahlah, saya tidak memiliki KBBI dan aneh jika saya berbohong untuk hal sekecil itu.
Tapi sebagai pihak yang dikritik, saya tidak merasakan kenikmatan dikritik dan jika lelucon semacam itu ternyata benar-benar ada, saya bisa melakukan beragam kesalahan untuk kita secara bersama-sama menikmatinya.
Dan yang perlu atau bahkan harus saya tekankan, Anda hanya sedang mengkungkapkan kesalahan dengan cara yang salah.
Anda mengerti cara memuji? Bukan bukan, ini bukan tentang memuji diri sendiri, tapi memuji orang lain.
Lalu, apakah pujian itu merupakan pandangan Anda? Ya, sama halnya dengan kritik. Yang membedakan adalah pujian itu pro dan kritikan itu kontra.
Sekarang saya mengajak Anda untuk terlebih dahulu merubah nilai negatif dari salah dan nilai positif dari benar menjadi nol, sama-sama nol, dan coba larut dalam perenungan ini.
"Ketika Anda mengkritik, apakah orang lain sependapat dengan Anda? Sama seperti memuji, Anda akan mendapatkan jawaban tentang ketidak pastian, BELUM TENTU.
Dan ketika Anda mengkritik, apakah saya sependapat dengan Anda? Berhenti atau ulangi pertanyaan bodoh diatas maka saya memiliki nada tinggi untuk melemparkan jawaban penolakan.
Dan(lagi) ketika Anda memuji, apakah saya sependapat dengan Anda? Ya dan akan selalu ya, karena akan menjadi lelucon yang ditertawakan sepanjang masa ketika seseorang merubah persepsinya menjadi kontras tepat setelah ia mendapat pujian."
Nah, sekarang coba Anda hitung seberapa banyak orang yang sependapat dengan Anda ketika Anda mengkritik maupun memuji!

Jika Anda sudah paham, mengapa tidak Anda mulai memuji?
Bukankah Anda tetap bisa menyisipkan'tidak' dalam pujian Anda? Bukankah? Bukankah?
Sekarang Anda harus rela mengingat perkataan bijak bahwa "step by step isn't worse than instant."

Mungkin Anda akan mengkritik tulisan ini. Ya, Anda selalu mempunyai kemungkinan untuk itu karena jika Anda pandai mengkritik pasti Anda tahu dengan sangat bahwa di bawah tersedia kolom untuk menidakkan(seperti yang kritikus biasa lakukan) ataupun mengiyakannya.
Terserah, bola ada pada Anda dan Anda memiliki hak untuk menendangnya ke arah manapun. Tapi sekarang pertanyaannya, apakah Anda akan bertanggung jawab jika bola yang telah Anda tendang ternyata memecahkan 'kaca' yang sedang berusaha merefleksikan apa yang nampak olehnya???




AG 02-02-12

No comments:

Post a Comment